Cari Artikel

Rabu, 13 Januari 2010

Penuaan Otak Dimulai Sebelum Umur Tiga Puluh

Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang heran mengapa pada usia 30, Anda sudah lupa meletakkan kunci Anda dalam waktu lima menit yang lalu, atau mengapa Anda memiliki kesulitan waktu mengingat nama seseorang walaupun Anda telah sering bertemu? Pertanyaan itu mungkin dapat dijawab dengan kenyataan kemampuan otak kita benar-benar mulai menurun pada usia 27.

Kemampuan otak kita mencapai puncaknya pada usia 22, penurunan kemampuan dimulai beberapa tahun setelahnya, hanya menyisakan perbedaan kecil dari puncak aktivitas otak yang didasarkan pada penelitian terbaru oleh Tim peneliti dari Universitas Virginia. Tim peneliti menggunakan tes yang biasa digunakan mendiagnosa keadaan, seperti Alzheimer dan bentuk lain dari demensia, selama tujuh tahun. Mereka meneliti 2.000 laki – laki dan perempuan dari usia 18-60 yang diminta untuk memecahkan teka-teki yang ada, mengulangi perkataan dan mengingat detail cerita , serta mengenali pola-pola yang dibuat dari huruf dan simbol - simbol.

Peserta dalam penelitian secara keseluruhan dalam keadaan sehat dan berpendidikan baik. Berdasarkan hasil pengujian, para peneliti menemukan sembilan (9) dari dua belas (12) tes menunjukan kinerja puncak tercapai pada usia 22. Test mengukur kecepatan otak, penalaran dan kemampuan memecahkan teka-teki, tercatat nilai penurunan pertama dimulai pada usia 27. Sebagian besar peserta rata-rata dari mereka tetap memiliki ingatan sampai usia 37, dengan memeriksa beberapa tes kosakata atau informasi umum menunjukkan perolehan ingatan sampai umur 60.

Profesor Timotius Salthouse, ketua peneliti dari tim peneliti memaparkan tambahan terbaru pada jurnal Neurobiology of Aging, berkata, "Beberapa aspek penurunan kesehatan pada manusia yang diakibatkan oleh faktor usia, telah dimulai pada umur 20-30 tahun.” Menurut Rebecca Wood, dalam Alzheimer's Research Trust, "Memahami lebih lanjut tentang cara penurunan otak dapat membantu kita memahami jika terjadi kesalahan dalam penyakit serius seperti Alzheimer." Dia juga berkata, "Alzheimer bukan penyakit alami dari bawaan usia tua, melainkan penyakit fisik yang membunuh sel-sel otak, yang mempengaruhi puluhan ribu orang di bawah usia 65. "

Ingatan kita adalah penting dalam kehidupan kita sehari-hari, apakah itu digunakan untuk mengingat kehidupan anak-anak kita saat mereka beranjak dewasa, resep favorit, tanggal lahir, aspek – aspek dalam karier atau merasakan hal – hal sederhana, seperti menjemput anak-anak kita dari sekolah. Dengan penelitian baru, kita dapat melihat langkah-langkah untuk mempertahankan ingatan dan ini perlu dimulai sejak dini. Mungkin otak kita dapat memeriksa jauh sebelum kita berbuat, dengan harapan hidup rata-rata di Amerika berada di sekitar usia 80. Banyak penelitian diperlukan untuk mengetahui lebih banyak hal mengenai hilangnya ingatan, harapannya dapat menangkal kondisi yang mengerikan seperti Alzheimer atau bentuk demensia. Untuk saat ini Anda dapat melakukan latihan, menurut beberapa riset, itu bisa membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah hilangnya daya ingat.

sumber http://manajemenotak.blogspot.com/2009/09/penuaan-otak-dimulai-sebelum-umur-tiga.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar pada artikel ini

Related Posts with Thumbnails