Cari Artikel

Kamis, 14 Januari 2010

Semua Tentang Pasta

Lebih dari 600 macam pasta lahir dari tempat kelahiran Marcopolo ini, dan sekarang tersebar hampir di seluruh penjuru dunia. Jadi tidak hanya pizza, minyak zaitun atau keju mozzarella saja yang terkenal, kan?



Sejarah Pasta

Selama ini pasta identik dengan Italia. Padahal jika ditilik dari sejarahnya, ada pendapat yang menyatakan pasta berasal dari Cina. Tentang versi mana yang benar, sampai saat ini masih belum terjawabkan. Sedangkan di Indonesia, pasta konon dibawa oleh para bangsawan Belanda selama masa penjajahan.

Menurut Wikipedia, makanan mirip pasta banyak dijumpai di berbagai tempat di dunia sejak zaman dulu, terutama di wilayah dengan penduduk yang menjadikan gandum dan serealia sebagai makanan utama. Gandum yang sudah digiling sering dimasak sebagai bubur atau dihaluskan menjadi tepung dan dibuat roti. Pasta kemungkinan besar merupakan alternatif dari bubur atau roti, karena pasta merupakan makanan awetan yang dibuat tanpa perlu dimasak.

Di Eropa, catatan tertulis paling tua tentang makanan serupa mi ditemukan pada hiasan makam orang Etruscan di Italia Tengah yang berasal dari tahun 400 SM. Di Tiongkok, mi sudah dikenal sejak tahun 2000 SM berdasarkan hasil penggalian di situs Lajia (Tiongkok barat) yang terletak di tepi Sungai Kuning. Di bawah lapisan tanah jenis tanah loess yang tebal di situs penggalian yang sudah rusak akibat gempa bumi dan banjir ditermukan mi berwarna kuning di dalam panci tanah liat yang terbalik. Panjang mi sekitar setengah meter dengan diameter 3 milimeter. Hasil analisis menunjukkan mi dibuat dari tepung biji milet.

Bahan Si Pasta

Pasta adalah produk dari tepung terigu semolina, varietas durum. Tepung ini kemudian dicampur dengan air dan diperkaya dengan telur.

Hanya varietas gandum jenis durum yang cocok untuk membuat pasta. Pasalnya, kandungan protein gluten yang terkandung di dalamnya tinggi dan menjadikan adonan pasta kenyal dan elastis. Adonan ini kemudian dibentuk dan dikeringkan hingga kadar airnya 12 %, tentunya agar tahan disimpan lama.



Spaghetti


Ini nih yg sering kita jumpai, pasti agan2 sering liat dan makan yg ini.

Bentuknya seperti lidi panjang tanpa lubang. Sangat cocok disajikan dengan saus bolognese (saus tomat dengan daging cincang). Serupa dengan spaghetti tapi ukuran lebih kecil dan pendek dikenal dengan sebutan vermicelli. Pas diolah bersama hidangan laut, daging maupun isi sup.


Fusilli



Bentuknya mirip spiral. Biasanya diolah dengan saus krim dengan tomat dan kacang polong.

Macaroni




Pasta bentuk pipa melengkung dengan lubang di tengahnya. Pas untuk hidangan panggang seperti macaroni schotel dan isi aneka sup.

Fettuccine



Bentuknya seperti kwetiau, pipih dan lebar. Dapat dijumpai dalam tiga warna, hijau dari sari bayam, hitam dari tinta cumi-cumi, dan kuning dari telur. Cocok dijadikan sajian utama dengan daging, keju, sayuran atau seafood.


2 komentar:

  1. info yang menarik, sekalian mohon bantuan jika
    tahu informasi dimana saya bisa beli gandum DURUMnya..saya lagi mo ngembangin usaha makaroni.
    sekian terima kasih, sukses selalu
    anton

    BalasHapus
  2. saya juga kurang tau tuh mas
    coba aja browsing2 di google
    siapa tau nemu

    BalasHapus

Beri komentar pada artikel ini

Related Posts with Thumbnails