Cari Artikel

Rabu, 17 Maret 2010

Tradisi Ciuman Massal di Bali Acara Omed-Omedan


Tradisi Ciuman Massal di Bali Acara Omed-Omedan
, Puluhan muda-mudi saling mencium dalam acara omed-omedan sebagai bagian tradisi perayaan Nyepi menyambut Tahun Baru Saka 1932 di Bali.


Tradisi unik ini dikemas dalam acara bertajuk Sesetan Heritage Omed-omedan Festival 2010 yang digelar di Banjar Kaja Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan.

Menurut Ketua Panitia I Putu Wiranata Jaya, kegiatan ini dimaksudkan untuk melestarikan nilai seni dan budaya juga untuk memupuk kebersamaan. “Kegiatan ini memiliki nilai sakral karena terkait susuhunan di Pura Banjar ujar dia.

Warga setempat secara turun temurun menggelar tradisi ini yang jatuh sehari setelah nyepi atau ngambek geni. Dalam acara ini para muda-mudi berbaris dan berputar putar. Mereka diminta memilih siapa yang disukai.

Di antara mereka kemudian maju bersaman saat bertemu kemudian berpelukan sesaat namun harus melepaskan kembali. Tak jarang karena larut dalm acara tersebut mereka enggan melepaskan pelukan dan ciumannya. Karenanya harus ditarik para pemuda lainnnya sehingga terjadi tarik tarikan. Inilah puncak dan daya tarik tradisi tersebut.


Kami menolak tudingan negatif seolah olah omed omedan identik dengan ciuman,” tandas Wiranata. Seorang peserta Putu Ayu Puspa (23) dan adiknya Kadek Wandayani, mengaku dua kali ikut acara ini. “Saya awalnya takut tapi orang tua mendorong tampil, lagian tidak mesti dapat cium kok,” katanya tersipu.


Acara diawali tarian janger dan penampilan barong dari kesenian warga setempat. Kegiatan ini mendapat sambutan luas ribuan warga Denpasar. Tampak Wali Kota Rai Mantra dan anggota DPD Kadek Arimbawa hadir melihat acara tahunan tersebut.




sumber: http://pakarbisnisonline.blogspot.com/2010/03/tradisi-ciuman-massal-di-bali-acara.html

14 komentar:

  1. sinting kali ya..kalo mau gelar aksi ciuman di depan umum, bukan di indonesia tempatnya woi!!!wahai manusia bali, jgn rusak negeri ini dengan festival bodoh tsb.

    BalasHapus
  2. festifal mesum kok dibilang tradisi dan budaya,.. ngawur,...

    BalasHapus
  3. Saling menghormati, asal bali jangan dikirimi bom aja lagi.....Bali udah bisa urus diri sendiri ngak perlu dinasehati

    BalasHapus
  4. Indonesia masih membutuhkan duit dari Bali, Bali jangan di ganggu oke ! PAD Tertinggi di Indonesia adalah Bali. 35 Triliun pertahun Bali sumbang ke Indonesia Tercinta. Masih kurang ? Apa yg didapat Bali dari Jakarta?...tak perlu !

    Bali is Bali bukan manusia munafik

    BalasHapus
  5. Orang Bali sinting, haram ?

    Siapa makan duit dari Bali ?

    Gue sih kasihan betul lihat saudara jawa dipersulit masuk bali setiap habis lebaran, kasihan mereka selalu diusir setiap menginjakkan kakinya di tanah Bali karena tidak memiliki identitas.

    Jaman gini tidak punya identitas ?
    wakakakakak....disaat orang bali sudah berasimilasi dengan orang dari seluruh benua, eh..masih ada saudara kita yang memiliki pandangan primitif jaman batu...please dech...

    Tolong kalau mau ke bali bawa ID lengkap, kalau tidak ada ID resmi seperti paspor atau KaTePe, jangan coba coba masuk Bali.

    Apalagi bagi yang berjengot, akan diberikan perhatian khusus dan berbelit belit, atau istilahnya diusir dengan halus dari Pulau Dewata.

    Hidup Bali Berlakukan Otonomi khusus bagi Pulau Dewata.

    BalasHapus
  6. Selain menymbang PAD.. bali juga penyumabnga Penyakit masyarakat... HIV/AIDS.. untung aja ga tenggelam karena BOMB.. ayo hajar terus..

    BalasHapus
  7. @anonim: loe yg sok munafik, loe gx tw kebudayaan...dasar orang yg gx berbudaya.
    mati j loe....jngn hidup....loe q tw u....udh babak belur muka loe......

    BalasHapus
  8. @anonim: sok suci ajah loh,,, brani-braninya menghina budaya bali,,, semua ini sudah diatur dalam peraturan adat,, loh komen gak berpikir,, dasar sinting,,,, munak,,,, mari kebali,, kami hajar hbs"san

    BalasHapus
  9. waaaa.... aneh ya,, bru tw ni ada yg beginian,, menarik blog nya,,\(^_^)/

    kalau menurut aku yah,, bicara soal halal haram ya itukan tergantung keyakinan masing2 (agama atw adat dan budaya kali yah..),, soal bom,HIV,dll itu,, g bsa d salahkan sepenuhnya juga,,toh yg bwa penyakit bukan org bali sendiri,,

    bukannya membela bali,, tapi kenyataannya,, kita berada di negara yang emang bermacam2 adat,suku,budaya,agama,,jdi cobalah untuk bertoleransi,, klu emang g suka ma ya g usah ungkapin d khalayak umum dong,, atw g usah byk bacot,, mang lu mw klu kebiasaan/ritual agama en budaya lo d caci??

    BalasHapus
  10. bali ya bali!!
    bukan urusan orang luar bali yang mengatur tradisi bali!
    gak usah menghina budaya kami,urus budaya lo sendiri!

    BalasHapus
  11. bukan menghina,,,
    cuma aneh ja,,
    mesum kok dibilang budaya...
    nnti ngent*t massal pun dibilang budaya jga tu
    tp ya maklumlah budya jahiliyah masih ada dibali emang susah menghilangkannya, namanya jga edonisme ya gitu dechh,
    yang penting ingat dosa ja, peace,,,,,

    BalasHapus
  12. wah lw maw ciuman jgan dibut festival kayk g2, gmn gnrsi pnrsx coba lw yg mudax aja udah doyan ciuman kyk g2..... sebaikx jgn diadakan la. entah di ganti acara apalah yang lbh baik... untung gk di bom

    BalasHapus
  13. q gak percaya kalo yg ngelakuin itu gak pake nafsu birahi, bayangkan aja anak labil di suruh ciuman pak pasti tangan'y juga gerayangan lah, ntar alasannya maaf gak sengaja , mbok ya misalkan ciuman itu di ganti dengan cium tangan kan lebih bagus toh

    BalasHapus

Beri komentar pada artikel ini

Related Posts with Thumbnails