Cari Artikel

Sabtu, 20 Maret 2010

10 Perlengkapan Penting Persiapan Keadaan Darurat

Sedia payung sebelum hujan, begitulah kira2 yang bisa kita katakan… ini terinspirasi dari film cast away dimana seorang pemuda terdampar disebuah pulau yang terpencil. Ia bertahan hidup dengan cara primitif seperti menggunakan batu, kulit pohon dan sebagainya. Andai saja ia memiliki beberapa peralatan darurat mungkin setidaknya ia menjadi lebih gampang dalam mengantisipasi hal tersebut.

Ya kemungkinan besar kita tidak akan mengalami seperti cerita film cast away tadi… tapi kalo seumpamanya kita ingin berjaga2 jikalau suatu saat terjadi suatu peristiwa gawat darurat dimana anda harus kehilangan rumah, listrik padam, dan anda hanya mengharapkan bantuan datang. Atau disaat anda pergi ke gunung mendaki bukit tiba2 tersesat, apa yang harus anda persiapkan untuk menghadapinya? Sebenarnya ada beberapa perlengkapan pokok yaitu penerangan, makanan & minuman, perkakas, dan obat2an.

Siapkan 1 buah tas ransel yang siap dibawa kapan saja dalam keadaan darurat, dan perlu kiranya selalu ada dirumah anda untuk berjaga-jaga. Perlengkapan itu yaitu :

  1. Senter, persiapkan senter yang kecil dan mudah dibawa namun cahayanya cukup terang. Hal ini untuk mengantisipasi disaat malam hari yang gelap, karena pada saat musibah terjadi listrik pasti padam. Gunakan senter dengan batere jadi anda juga harus mempersiapkan batere cadangannya, jangan menggunakan senter yang hanya bisa di charge.
  2. Pisau, pisau ini sangat berperan penting saat darurat misalnya untuk memotong kayu, membuat peralatan, bahkan perlindungan diri.
  3. Makanan dan Minuman, bawa air putih botol ukuran 200 ml jangan yang 1 liter bisa berat, bila habis anda bisa cari air disekitar. Makanan cari yang tahan lama dan mengenyangkan, seperti biskuit yang bila direndam di air akan menjadi bubur.. atau anda bisa bawa bubur atau mie instan.
  4. Korek api, ini juga vital dan harus ada.. bawalah korek api gas dan batangan (dua2nya) kemudian bungkus dengan plastik yang rapat agar tidak terkena air.
  5. Bumbu dapur, terdengar lucu tetapi ini akan bermanfaat bila anda berada di alam liar disaat cadangan makanan habis anda bisa berburu atau memancing ikan. Nah dengan ada bumbu ini tentu akan merasa nikmat bukan? Bumbu yang bisa dibawa diantaranya garam, kunyit serbuk, merica bubuk, penyedap rasa, dan lainnya bila perlu.
  6. Karet Ban Dalam Motor/Mobil, potonglah ban dalam kecil2 dengan ukuran 5 x 10 cm… lha ini untuk apa? Ini berfungsi menjadi bahan bakar untuk menyalakan api dengan kayu.. caranya cari kayu kering kemudian buat seperti tungku, bakarlah 1 potong karet ban dan letakkan dibawahnya, karet yang meleleh akan menempel pada kayu sehingga akan api akan menyala dengan mudah pada kayu. Pada beberapa kasus yang pernah dicoba, ini juga efektif untuk kayu basah.. jadi jangan kuatir bila ternyata tidak ada kayu kering karena bekas hujan api juga dapat menyala dengan mudah.
  7. Gelas dari kaleng, gelas berbahan kaleng mempunyai banyak manfaat, selain untuk minum juga bisa untuk memasak.. carilah ukuran gelas yang lumayan besar tetapi muat untuk dimasukkan dalam tas darurat anda.
  8. Obat-obatan, ini juga sangat penting, yang perlu dibawa antara lain : Obat merah/betadine, paracetamol, obat flu tablet, obat batuk tablet, obat diare, kapas dan perban.
  9. Kompor lipat dan parafin, kompor lipat yang kecil mudah sekali dibawa dan bahan bakarnya pun tidak bisa tumpah yaitu parafin.. Parafin adalah bahan bakar padat yang biasa digunakan oleh militer ataupun para penjelajah. Jelas aja fungsinya adalah untuk masak bukan untuk penerangan..
  10. Mantel hujan, banyak sekali fungsinya.. selain untuk pengaman saat hujan, juga bisa berfungsi sebagai alas tidur ataupun duduk.

Ya dari semua perlengkapan diatas yang perlu di update hanya makanan, artinya jangan lupa setiap berapa bulan sekali harus dikonsumsi kemudian diganti dengan yang baru karena ada masa kadaluarsanya, setelah itu simpan kembali.

Perlengkapan ini juga sangat cocok bagi anda yang pingin kemping atau mendaki gunung, semoga bermanfaat.

sumber http://fansmania.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar pada artikel ini

Related Posts with Thumbnails